Review Kegiatan Praktikum Fisiologi Tumbuhan " Pertumbuhan Beberapa Kultivar Kentang Hitam ( Coleus tuberosum) ”

Monday, September 17, 2012


Sabtu,15 September 2012 seperti yang telah saya dan teman teman P.Biologi 2010 lain ketahui bahwa hari ini adalah jadwal praktikum judul “ Pengaruh Dosis Pemupukan NPK Terhadap Respon Pertumbuhan dan Produksi Beberapa Kultivar  Kentang Hitam ( Coleus tuberosum) ”, praktikum di jadwalkan dimulai pukul  07.00 WIB, tempat nya adalah di Green House Laboratorium Pusat UNS.
Saya berangkat dari rumah pukul 06.30 WIB ,dengan perjalanan yang kurang lebih 45 menit mengendarai motor, jam 7.15 WIB saya tiba di kampus. Awalnya saya sempat lupa kalau praktikum nya di laksanakan di Lab Pusat, dengan bergegas saya bertolak dari gd D FKIP menuju lab Pusat, sesampai disana sudah banyak teman teman lain yang sedang membersihkan green house. Kemudian melihat saya memakai helm yutam menyuruh saya ikut membeli kompos yang kurang bersama teman teman lain ke Pasar Nongko. Kebanyakan masih mengambil helm di kost, setelah berkumpul di Pura baru pukul 07.45 saya dan teman teman berangkat membeli kompos ke pasar nongko. Sekitar pukul 08.10 tiba di pasar nongko dan mulai menghampiri toko toko pot dan bunga yang menjual kompos yang kami butuhkan.
Setelah mendapat pupuk yang kita butuhkan ,sekitar pukul 08.40 kami kembali menuju kampus dan segera ikut membantu memindahkan polybag yang ada di gd D menuju lab pusat, setelah selesai, saya, nikmah, yudha, marina, dhee, mega dll istirahat di dekat parkiran motor, sembari menunggu teman teman cowok yang mengambil tanah dari pertanian. Kemudian melanjutkan praktikum menyiram polibek berisi tanah + kompos yang kami bawa dari gd D dengan menggunakan air masing masing polybag adalah 2 gelas juice. Setelah selesai kemudian saya membantu membersihkan campuran tanah + kompos yang di campur yutam dari plastik dan kotoran lain yang ada di tanah, sambil membuka kemasan kompos yang akan di campur dengan tanah.Sekitar pukul 10.50 tanah dan kompos selesai di campur, kemudian kami memulai memasukkan campuran tanah + kompos kedalam polybag yang sudah di siapkan ( polybag di beri lubang air ), masing masing 7 takaran dari wadah yang telah di siapkan ( botol aqua dg ukuran ). Saat itu keceriaan muncul karena kami bersendau gurau lucu sembari tertawa geli kalau ada teman yang lupa hitungan ..
Selesai memasukkan tanah + kompos ke polybag,kemudian di tata dan di hitung berjumlah 96 polybag sembari menyiram polybag berisi tanah + kompos yang baru kami buat dengan air masing masing 2 gelas dan di atas siraman di beri pupuk + tanah kembali sebanyak botol aqua ( ukuran  ) kemudian di beri label berdasarkan kultivar dan dosis NPK  setelah selesai saya  pun ikut  beristafet memindahkan polybag dari bawah menuju ke Green house yang ada di atas gedung. Menata polybag berdasarkan Kultivar ( polybag dg kultivar sama di tempatkan pada satu ruangan ). Setelah tertata dg rapi sesuai ketentuan kemudian saya ikut menanam bibit kentang hitam yang sudah disiapakan caranya dengan membuat galian sedikit pada tanah polibek dengan menggunakan jari tangan lalu sedikit membenamkan umbi kentang tanpa menekannya, setelah itu menaburkan pupuk NPK sesuai aturan ke tiap tiap polybag, yakni tiap kultivar di beri 4 perlakuan dosis :
D0        = tidak di beri pupuk NPK
D1        = Di beri pupuk NPK 3 gram per tanaman
D2        = Di beri pupuk NPK 6 gram per tanaman
D3        =  Di beri pupuk NPK 9 gram per tanaman
Cara menaburkan pupuk NPK yaitu dengan membuat lingkaran di permukaan polibek sebelah tepi dan menaburkan sesuai alur lingkaran, tujuannya adalah agar pupuk tidak langsung mengenai tanaman yang kita tanam ( NPK bersifat panas ). Sekitar pukul 11.45 WIB praktikum selesai .
12.00 WIB – 16.00 WIB istirahat dan Praktikum Mata kuliah lain
16.00 WIB Saya mendapat jadwal menyiram tanaman yang telah di tanam, bersama teman teman lain , cara penyiraman adalah masing masing polybag di siram mengguanakan air sebanyak 100 ml , dimana sumber air yang di gunakan harus sama selama 3 bulan kedepan. Hari pertama penyiraman juga di lakukan pengamatan dan pengukuran yang di gunakan sebagai ukuran awal pada hari penanaman, dimana pengamatan meliputi: jumlah daun dan tinggi tanaman. Kegiatan pengamatan di lakukan setiap 3 hari sekali dan penyiraman dilakukan setiap hari pagi dan sore. Di lakukan pengamatan selama 3 bulan kedepan.
~Fitri Astuti W.U~

You Might Also Like

0 comments

Subscribe