MAGNOLIACEAE

Wednesday, September 19, 2012


       Karakteristik Umum Family Magnoliaceae
     Merupakan Tumbuhan berkayu berbentuk pohon atau perdu dengan daun-daun tunggal yang duduknya tersebar, dengan daun penumpu besar yang membungkus tunas ujung. Pada waktu rontok meninggalkan berkas berbentuk cincin pada ranting dan kerapkali meninggalkan bekas coretan pada tangkai daun. Memiliki bunga beraturan, banci atau berkelamin ganda. Umumnya memiliki hiasan bunga 6 sampai banyak, lepas, dalam karangan atau spiral. Kelopak dan mahkota bunga tidak selalu dapat dibedakan dengan jelas. Memiliki benang sari yang banyak, tersusun teratur berbentuk spiral.D asar bunga berbentuk tiang. Bakal buah banyak dan tersusun spiral pada ujung sumbu bunga, menumpang, beruang 1. Bakal biji 2 sampai banyak. Buah serupa kayu atau berdaging .

Morfologi Magnoliaceae didukung oleh sejumlah karakter morfologi bersama di antara berbagai genera yang masuk dalam famili ini. Sebagian besar bunga yang biseksual (dengan pengecualian Kmeria dan beberapa spesies bagian Magnolia Gynopodium), radial, dan dengan wadah memanjang. Magnoliaceae mengalami penyerbukan yang dibantu oleh serangga berupa kumbang, kecuali untuk Liriodendron, yang penyerbukannya dibantu oleh lebah. Karpel dari bunga Magnolia khususnya tebal untuk menghindari kerusakan oleh kumbang. Pemencaran Magnolioideae dibantu oleh burung tersebar sedangkan benih adalah Liriodendron dibantu oleh angin.


  Klasifikasi Family Magnoliaceae 
Magnoliaceae adalah suku atau familia dalam Spermatophyta yang masuk dalam ordo    Magnoliales. Famili Magnoliaceae terdiri dari dua Genus  yaitu :              
Talauma
Perdu tinggi 2-5 m ,ujung ranting berambut .Daun bentuk lanset memanjang ,ujung meruncing. Bunga terminal atau seolah olah berhadapan dengan daun . Daun kelopak 3 hampir sama panjang dengan mahkota berjerawat halus. Daun mahkota 6 berada dalam karangan. Bunga berbau harum. Pada dasar bunga yang berbentuk tiang terdapat ruang antara bakal buah dan benang sari. Buah seperti kayu melepaskan diri dari pendukung putik pada sisi perutnya. Tumbuh di hutan, sering pula di tanam sebagai perdu hias.
Contoh : Talauma candolllei 


Letak bunga terminal

                         Michelia
Pohon tinggi 15-25 meter, ujung ranting berambut, daun bulat telur, bentuk lanset dengan ujung dan pangkal runcing.  Bekas daun penumpu pada tangkai daun panjangnya lebih daripada setengah tangkai daun.Bunga berdiri sendiri, oranye sangat harum baunya. Bunga di ketiak atau di ujung batang yang pendek berdaun 2 dan duduknya di ketiak daun. Perhiasan bunga 17-20, tidak dapat dibedakan antara kelopak dan mahkota. Buah berbentuk bola tertutup dengan jerawat. biji masak berwarna merah tua tergantung keluar pada berkas yang memanjang menjadi benang yang langsing. Di tanam sebagai tanaman hias.
Contoh : Michelia champaca


                                  Letak bunga di ketiak                            
Contoh Spesies Family Magnoliaceae
    Michelia alba
  •  Divisi           : Spermatophyta
  • Kelas            : Dicotyledonae
  • Ordo             : Magnoliales
  • Family          : Magnolioceae
  •  Genus          : Michelia
  •  Spesies        : Michelia alba
·         Karakteristik :
Pohon mempunyai tinggi yang mampu mencapai 30 meter dan mempunyai batang yang berkayu. Pada ranting-ranting pohon cempaka putih biasanya ditumbuhi bulu-bulu halus berwarna keabu-abuan. Daun kantil (cempaka putih) tunggal berbentuk bulat telur dan berwarna hijau. Tangkai daun lumayan panjang, mencapai hampir separo panjang daunnya. Kantil (Michelia alba) mempunyai bunga berwarna putih yang mempunyai bau harum yang khas.
Ø  Akar          :  Merupakan akar tunggang, kulit akarnya berwarna merah, rasanya pahit, dan sangat tajam.
Ø  Batang    : Batang lurus, tinggi mencapai 30 m. Kulit kayunya berwarna coklat keabu-abuan warnanya kuning muda dan mudah dibelah, dirasakan, kayu cempaka terasa pahit dan agak wangi.
Ø  Daun         : Daun berbentuk bulat telur dengan ujung dan pangkal runcing.
Ø  Bunga      : Bunga di ketiak atau di ujung batang yang pendek berdaun 2 dan duduknya di ketiak daun. Mahkota berwarna putih dan berbau sangat harum.
 
          Manfaat Family Magnoliaceae
      Bunga cempaka ditanam dan diperdagangkan untuk bunganya yang harum. Bunganya diletakkan dalam lipatan baju, ditaburkan di ranjang pengantin, dikalungkan pada mempelai dalam perkawinan, ditaburkan pada bak mandi sebagai aroma therapy dan banyak kegunaan lainnya. Di Myanmar kulit batangnya yang pahit digunakan untuk mengobati demam kambuhan, bunganya untuk mengobati lepra, dan daunnya untuk mengobati kolik. Kayu cempaka berkualitas cukup baik dan sering digunakan sebagai furniture karena memiliki struktur yang indah, namun di Indonesia kayunya jarang diperdagangkan karena orang lebih menghargai bunganya yang harum. Kayu yang dipergunakan biasanya berasal dari pohon yang sudah tidak berbunga.Ekstrak Michelia champaca memiliki indikasi kuat aktivitas terhadap karsinoma epidermoid manusia. Bahan aktif dalam yang terkandung di dalamnya adalah lakton sesquiterpen, yang teridentifikasi sebagai partenolida (C15H20O3) dan costunolida (C15H20O2).

~Fitri Astuti Wahyu U~

You Might Also Like

0 comments

Subscribe