Mekanisme Perakitan Kapas Transgenik Bt

Monday, August 19, 2013





Pernah mendengar kata Transgenik? Baiklah disini saya akan sedikit bercerita tentang suatu metode Transformasi gen dalam bidang Bioteknology.
“Trans” = pindah “Genic”= gen. Transgenik adalah Individu yang mendapat pindahan gen dari donor dan gen itu berekspresi padanya.
Prinsip teknologi transgenik adalah pemindahan satu atau beberapa gen, yaitu potongan DNA yang menyandikan sifat tertentu, dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya. Dengan demikian, suatu tanaman yang tadinya tidak mempunyai sifat tertentu dapat direkayasa sehingga memiliki sifat tersebut. Salah bentuk hasil rekayasa genetis pada kapas transgenik adalah Kapas Bt, dengan mengintroduksi gen Bt yang berhubungan dengan ketahanan serangga hama , merupakan hasil isolasi bakteri tanah Bacillus thuringiensis yang dapat memproduksi protein kristal yang bekerja seperti insektisida (insecticidal crystal protein) yang dapat mematikan serangga hama.
Mekanisme Dasar perakitan kapas transgenik Bt 
1. Konstruksi Gen Bt , dari isolasi bakteri tanah Bacillus thuringiensis . gen inilah yang akan mengekspresikan sintesis protein kristal yang bekerja seperti insektisida.
2. Pembuatan vektor cloning , dengan memanfaatkan plasmid , plasmid mengalami pembukaan dengan enzim restriksi (EcoR1)

3. Penggabungan plasmid recombinan dengan Ti (tumor infection plasmid) yaitu plasmid bakteri Agrobacterium tumefaciens.

4. Sel TI (Agrobacterium tumefaciens)  ini kemudian di injeksikan pada sel tanaman kapas yang akan di transgenik, gen Bt akan terekspresi seiring dengan pembelahan sel dan di hasilkan protein kristal yang berfungsi sebagai insektisida . Dan di hasilkan tanaman Kapas Transgenik Bt yang tahan serangga.

Kelebihan dan kelemahan Kapas transgenik
Kelebihan :
  1. Di hasilkan tanaman kapas yang tahan terhadap serangga,karena terdapat protein kristal yang berfungsi sebagai insektisida.
  2. Menekan penggunaan pestisida atau membersihkan gulma tanaman dengan herbisida secara efektif tanpa mematikan tanaman kapas. Serangga hama merupakan kendala utama pada produksi tanaman kapas. Di samping dapat menurunkan produksi, serangan serangga hama dapat menurunkan kualitas kapas.
Kekurangan :
  1. Penggunaan benih kapas transgenik akan mengakibatkan ketergantungan petani pada perusahaan besar, karena kenyataan teknologi transgenik hanya bisa di lakukan oleh perusahaan perusahaan besar.
  2. Akan merusak keseimbangan ekosistem alam, dimana adanya insektisida alami dari protein kristal tersebut akan mengakibatkan banyak serangga mati. Dan keseimbangan ekosistem terganggu.
Sekian, semoga bermanfaat :')

You Might Also Like

0 comments

Subscribe