Explore Karanganyar: Air Terjun Jumog nan Hijau dan Menawan.

Monday, April 13, 2015




Ngargoyoso yang berada di lereng Gunung Lawu menyimpan sejuta keindahan alam yang begitu indah salah satunya adalah air terjun Jumog, berlokasi di desa Berjo kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah merupakan 1 dari 3 air terjun yang berada di lereng Lawu, selain Grojogan Sewu di Tawangmangu yang paling terkenal dan Air terjun Parangijo yang berlokasi tidak jauh dari Jumog.


Pagi itu hari Sabtu, saya berinisiatif sekedar jalan-jalan mengendarai sepeda motor mengajak keponakan dan sepupu saya menuju lereng lawu. Rute perjalanan yang kami tempuh melalui jalan utama Lawu dari pusat kota Karanganyar menuju Karangpandan dan mengambil arah pada gerbang wisata Candi Sukuh dan Cetho di pertigaan setelah terminal Karangpandan, mengikuti petunjuk arah menuju Ngargoyoso/Jenawi dan setelah sampai di pertigaan kemuning candi sukuh/Jumog ambil arah menuju Jumog dan beberapa meter kemudian belok kiri ambil arah sesui petunjuk jalan sampai lokasi. Air Terjun Jumog berada di desa berjo dengan ketinggian sekitar 1500 mdpl memiliki udara yang sejuk khas pegunungan. Jumog termasuk objek wisata yang cukup terkenal dan murah. Tiket masuk lokasi Rp. 3000/hari biasa dan Rp.5000/hari libur, disekeliling pintu masuk menuju loket juga banyak terdapat warung-warung makanan. Untuk menuju spot air terjun kita harus melewati 116 anak tangga yang sudah tertata dengan rapi dengan beberapa fasilitas bangku istirahat. Di lokasi wisata ternyata juga terdapat kolam renang dan warung-warung makanan khususnya warung sate kelinci dan sate ayam yang merupakan makanan khas di sekitar lereng Lawu.
Air Terjun Jumog ternyata sangat indah memiliki 2 aliran yang dalam bahasa jawa disebut “Klueng” dengan ketinggian 30 meter dan mengalirkan air yang jernih, dingin dan segar bersumber dari mata air Gunung Lawu. Terdapat 2 jembatan kecil di bawah air terjun yang biasa sebagai spot untuk memotret dan mengambil foto, di bawah air terjun juga mengalir sungai dengan batuan-batuan yang tersusun artistik sehingga membuat aliran air yang begitu jernih berpadu dengan bebatuan dan tanaman hijau disekeliling begitu segar dipandang mata. 

Air terjun Jumog merupakan objek wisata yang menarik, sejuknya udara pegunungan, gemericik air, jernihnya air, jembatan cantik, pepohonan hijau, dan hangatnya sate kelinci sungguh perpaduan yang pas. Ayoooo berkunjung kembali! 

~Fitri Astuti~

You Might Also Like

0 comments

Subscribe