Explore Karanganyar: Sekipan, Kalisoro Tawangmangu.

Thursday, March 12, 2015



Hello, Wie geht’s dir?
Karanganyar, memang tidak akan ada habisnya membicarakan keindahan dan keelokan bumi intanpari ini, Kabupaten Karanganyar menyimpan sejuta pesona karena berada di lereng Gunung Lawu menjadikan Karanganyar ramai dibicarakan khususnya sebagai tempat wisata pegunungan dengan jarak tempuh kurang lebih 1-2 jam dari pusat kota Solo, kalau Puncak Bogor  merupakan tujuan wisata bagi warga Jakarta nah ibaratnya Lereng Lawu (Tawangmangu, Ngargoyoso, Jenawi) merupakan puncaknya warga Solo, menarik bukan?
Kali ini saya akan membagi cerita mengenai kawasan wisata yang cukup terkenal di Tawangmangu, “Sekipan”,  kalau biasanya orang lebih mengenal objek air terjun “Grojogan Sewu”. Saya akan bergeser lebih keatas menuju Kalisoro yang terletak tidak jauh dari air  terjun. Sekipan merupakan kawasan wisata yang menawarkan keindahan berupa taman hutan, arena outbond, camping dan perkemahan. Sebagai taman hutan sudah tentu kawasan ini banyak terdapat pohon-pohon pinus tinggi menjulang khas pegunungan, sungai yang jernih serta tanaman-tanaman hijau menjadikan udara di sini sangatlah sejuk dan segar.


Camp Ground Sekipan, rindangnya pohon pinus yang tinggi menjulang memang sangat cocok digunakan untuk berbagai acara seperti kemah, camping maupun outbond, bahkan untuk sekedar hunting foto bagi anda penggemar fotografi, prewedding maupun shooting film laga seperti “Tujuh Manusia Harimau” Hahaha. Rute perjalanan pun juga sangat mudah, jika anda menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Karanganyar cukup ikuti Jl Lawu – lurus menuju Karangpandan – lurus menuju Tawangmangu, sepanjang perjalanan ini anda akan disuguhi pemandangan khas lereng lawu yang sangat indah serta jalanan yang berkelok naik, sehingga usahakan kendaraan anda fit dan prima ketika digunakan. Sesampai di Pasar Tawangmangu lanjutkan perjalanan anda lurus keatas menuju kalisoro – belok kanan di gang menuju Sekipan, akan terlihat banyak terdapat villa-vila cantik dan perkebunan stroberi di sepanjang jalan menuju gerbang masuk taman hutan Kalisoro, Sekipan. 
Biaya retribusi biasanya berlaku disini, ada tarif-tarif tertentu tergantung kegiatan yang akan anda lakukan disini. Rute alternatif perjalanan juga bisa melewati Matesih- Pasar Tawangmangu- Sekipan, namun rute ini lebih jarang dilewati oleh wisatawan dari luar daerah karena jalanan lebih sempit dan minim petunjuk jalan. Jika anda ingin menggunakan transportasi umum naiklah bus jurusan Solo-Tawangmangu yang akan berhenti di Pasar  Tawangmangu, anda bisa melanjutkan menggunakan elep/bus mini yang ada disekitar pasar untuk menuju keatas. Namun tarif yang ditawarkan cukup mahal untuk ukuran jarak dekat lagipula anda masih harus berjalan ketika sampai gang menuju kawasan Kalisoro. Mungkin akan lebih efisien jika menggunakan jasa ojek.


Pengalaman saya oktober tahun lalu, saya dan teman-teman (Maritim) mengadakan touring and barbeque di sekipan. Tempat ini cocok untuk sekedar berkumpul dengan keluarga dan sahabat tercinta menikmati hijaunya pepohonan, jernihnya sungai, barbeque, mendirikan tenda, bernyanyi dan bercerita sembari menyalakan api unggun. Liburan yang menyenangkan, anda tertarik? 

~Fitri Astuti~

You Might Also Like

0 comments

Subscribe